Anak Muslim, Wajib Dididik Sesuai Islam
Anak muslim adalah kebanggaan besar orang tua yang harus selalu diberikan pendidikan agama agar dapat melangkah sesuai dengan jalan Islam. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, mereka harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan ajaran islam, sebagai tahap pertama, orang tua wajib mengenali periode tumbuh kembang anak.
Terutama ketika anak sudah mencapai akil baligh. Karena ketika anak menginjak akil baligh, maka pergaulan anak akan semakin luas dan pengaruh buruk lingkungan pun akan semakin jelas terlihat. Pada saat itu juga anda harus menjadi orang tua yang fleksibel untuk menghadapi masalah anak.
Jangan berikan kekakuan dalam komunikasi dan jadilah pendengar yang baik bagi anak. Sebagai orang tua yang bijak, sebaiknya anda mengetahui apa saja kebutuhan dan yang harus anda lakukan untuk membuatnya tetap dalam jalur Islam.
Berikut sedikit tips yang bisa anda terapkan kepada anak muslim
Perkenalkan dengan jelas perbedaan antara laki-laki dan perempuan dan hal apa saja yang boleh diperbuat dan yang tidak. Jangan sampai anak anda melakukan perbuatan atau perkataan yang tidak senonoh terhadap sesama jenis atau beda jenis.
Ajarkan bagaimana seharusnya nak bergaul dengan teman-temannya dan ajarkan etika bergaul dengan sesama jenis dan yang berbeda jenis kelamin.
Jika anda memiliki anak perempuan, maka ajarkan dia untuk memakai jilbab secara benar. Berikan alasan mengapa ia harus memakai jilbab dan bagaimana seharusnya ia melindungi auratnya. Jangan biarkan anak memakai jilbab dengan pakaian yang ketat karena hal itu hanya akan mengumbar aurat anak secara tidak langsung.
Berkan anak anda pejelasan mengenai batasan mahram dan bukan mahram serta bagaimana seharusnya memperlakukan kedua hal tersebut.
Pisahkan tidur anda dengan anak ketika ia sudah mencapai umur 10 tahun.
Berikan pemahaman anak mengenai agama dengan jelas dan tumbuhkan sifat takut dan taat kepada Allah.
Mendidik anak mukmin untuk tetap berpegang teguh dalam ajaran Islam memang sungguh sulit, apalagi tipe pergaulan anak yang semakin berkembang membuatnya sulit dikontrol. Tetapi sebagai orang tua, kita harus tetap menjadikan anak kita sebagai anak mukmin sejati.